Iklan
Assesment - Angket "Pengaruh Gadget Terhadap Prestasi Belajar Siswa" - Angket adalah suatu cara untuk mengumpulkan data melalui pengajuan pertanyaan-pertanyaan kepada responden dan dijawab juga dengan secara tertulis.
Angket adalah sebuah sebuah pertanyaan yang tertulis yang fungsinya digunakan untuk memperoleh informasi tentang apapun yang ingin diketahui sang pemberi angket seperti pertanyaan tentang diri pribadi reponden ataupun hal-hal yang ingin diketahuui dari respondend itu sendiri.
Biasanya Angket akan disebar kepada seluruh responden yang kemudian akan dijawab langsung oleh responden. Angket secara umum harus memudahkan responcen dalam menjawab berbagai pertanyaan yang diberikan. Oleh karena itu, jawaban angket biasanya berupa rentangan dari Sangat tidak setuju hingga sangat setuju.
Sang responden hanya perlu mencentang salah satu rentangan tersebut sesuai dengan pertanyaan yang diberikan. Rentangan biasanya dibelah menjadi lima bagian yakni :
Keterangan pilihan jawaban:
SS
: Sangat Setuju
S
: Setuju
KS
: Kurang Setuju
TS
: Tidak Setuju
STS
: Sangat Tidak Setuju
Berikut adalah salah satu contoh angket tentang "Pengaruh Gadget Terhadap Prestasi Belajar Siswa".
Angket "Pengaruh Gadget Terhadap Prestasi Belajar Siswa"
No
|
Pernyataan
|
Respon
|
SS
|
S
|
KS
|
TS
|
STS
|
1
|
Lebih baik membuka social media dari gadget dari
pada harus mendengarkan guru menyampaikan materinya
|
-
|
|
|
|
|
2
|
Saya biasanya mengakses google saat kegiatan belajar mengajar
berlangsung
|
+
|
|
|
|
|
3
|
Lebih baik mencari
materi lewat gadget dari pada harus mendengarkan materi dari guru
|
-
|
|
|
|
|
4
|
Lebih baik
mematikan/tidak menggunakan gadget ketika pelajaran mulai berlangsung
|
+
|
|
|
|
|
5
|
Gadget yang saya bawa
dapat membuat saya menjadi lebih focus dalam belajar
|
-
|
|
|
|
|
6
|
Melibatkan gadget
dalam pembelajaran membuat saya menjadi lebih semangat dalam belajar
|
+
|
|
|
|
|
7
|
Saya akan senang jika
guru menyuruh saya mancari materi di internet lewat gadget
|
+
|
|
|
|
|
8
|
Saya lebih suka
menggunakan gadget untuk saling berhubungan dengan teman-teman di luar kelas
saat jam pelajaran
|
-
|
|
|
|
|
9
|
Materi pelajaran
tanpa melibatkan gadget menjadi tidak seru
|
-
|
|
|
|
|
10
|
Saya ingin
disetiap pelajaran di kelas, guru memperbolehkan siswa untuk mencari bahan
materi lewat gadget
|
+
|
|
|
|
|
11
|
Saya sangat
tertarik jika guru melibatkan gadget dalam proses belajar mengajar
|
+
|
|
|
|
|
12
|
Saya yakin bahwa dengan
melibatkan gadget dalam pelajaran dapat membuat saya menjadi lebih aktif di
kelas
|
+
|
|
|
|
|
13
|
Saya hanya akan
tertarik jika guru membahas tentang gadget dalam materinya
|
-
|
|
|
|
|
14
|
Saya lebih suka
mencari materi dari internet lewat gadget yang kemudian saya paparkan sebagai
bahan diskusi
|
+
|
|
|
|
|
15
|
Gadget adalah
segalanya bagi saya, tanpa gadget semua akan terasa tidak manarik
|
-
|
|
|
|
|
*Angket diatas hanya memenuhi indikator ke 3 yakni "Sikap terhadap suatu
prestasi dan kecendru ngan melaku kan aktifitas."
Dalam membuat butir-butir pertanyaan tidak boleh sembarangan. Tentu harus sesuai dengan indikator-indikator yang sudah dibuat sebelumnya. Jadi dalam pembuatan angket, anda harus sudah mengetahui indikator-indikator apa saja yang akan anda gunakan.
Untuk indikator dari "Pengaruh Gadget Terhadap Prestasi Belajar Siswa" akan saya sediakan dibawah ini.
Iklan
No
|
Variabel
|
Indikator
|
Sub indikator
|
Jumlah Butir
|
No Butir
|
Positif
|
Negatif
|
1
|
Pengaruh gadget terhadap prestasi belajar siswa
SMA 1 Singaraja kelas X
|
Motivasi dan minat siswa untuk menca pai
prestasi ketika mengak ses gadget.
|
Konsentrasi siswa terhadap prestasi belajar
|
|
|
|
Kesungguhan untuk memahami prestasi belajar
|
|
|
|
Keteraturan siswa dalam mengikuti perkembangan
prestasi belajar
|
|
|
|
Kedisiplinan siswa untuk memahami prestasi
belajar
|
|
|
|
Pengalaman masa lalu dan perasaan suka tidak
suka
|
Kegemaran siswa dalam belajar
|
|
|
|
Potensi siswa untuk mencapai prestasi belajar
|
|
|
|
Kesiapan untuk belajar
|
|
|
|
Sikap terhadap suatu prestasi dan kecendru ngan
melaku kan aktifitas.
|
Perhatian siswa terhadap proses pembelajaran
|
|
|
|
Semangat mengikuti pembelajaran melibatkan
gadget pada saat proses pembelajaran
|
|
|
|
Ketertarikan siswa pada kegiatan yang melibatkan
gadget
|
|
|
|
Untuk anda yang ingin mendownload Angket "Pengaruh Gadget Terhadap Prestasi Belajar Siswa" secara lengkap akan saya sediakan link downloadnya nanti. Jadi tetap pentengin terus
blog benua ilmu ini ya :D
Iklan
Related Post :
Assesment
Kuliah