Pengertian Local Service Desk
Local Service Desk merupakan salah satu struktur service desk yang umum digunakan di organisasi dengan membangun masing-masing service desk di masing-masing regional organisasi atau cabang organisasi.
Local Service Desk memiliki batas-batas layanan tertentu yang bisa diatur mengkhusus untuk sebuah kantor, lokasi atau sebuah daerah tertentu. Tipe ini ditujukan pada gambar dibawah ini.
Pada gambar diatas terlihat terdapat 3 lokasi yang berbeda yang diatur oleh sebuah organisasi yakni di Banglose, Syney, dan Zurich. Masing-masing lokasi ini memiliki Service Desk.
Masing-masing memiliki Service Desk yang terpusat di masing-masing lokasi yang berbeda. Sehingga pelayanan pengguna menjadi terkotak-kotak yakni untuk Service Desk di Banglose hanya melayani dilokasinya saja, yang di Sydney hanya melayani lokasinya saja begitu seterusnya.
Keuntungan dari Local Service Desk antara lain:
- Service Desk, pengguna, dan tim secara umum berbicara dengan bahasa yang sama karena berada dalam satu lokasi yang sama sehingga meningkatkan kepemahaman Service Desk terhadap keluhan atau masalah yang dihadapi pengguna dan membicarakannya dengan tim suport.
- Berbagi budaya yang sama membantu membangun hubungan baik dan mengurangi perbedaan.
- Pengguna VIP dapat dilayani dengan baik melalui layanan yang disesuaikan
- Meningkatkan kepuasan pelanggan
Sedangkan kekurangan dari Local Service Desk antara lain:
- Pilihan yang mahal untuk infrastruktur, aplikasi dan aspek lain dari Service Desk dapat diduplikasi disetiap lokasi
- Volume panggilan di Local Service Desk normalnya tidak dapat membenarkan keberadaanya.
- Proses dan peralatan di organisasi mungkin tidak terstandarisasi dan bisa menyebabkan perlakukan diferensial
Itulah pengertian serta kelebihan dan kekurangan dari service desk dengan struktur Local Service Desk. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian semua.
Related Post :
Manajemen Industri